-->

Silabus Ips ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas Viii Smp/Mts Kurikulum 2013 Revisi 2017


 dan perubahan masyarakat pada tataran lokal Silabus IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan perubahan masyarakat pada tataran lokal, nasional, dan internasional menjadi landasan utama dalam pengembangan Kurikulum 2013. Dalam Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mempunyai bantuan terhadap pembentukan pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) penerima didik untuk menghadapi tantangan global pada era 21. Sebagai bab dari masyarakat dunia, penerima didik harus memahami lingkungan dan masyarakat secara lokal, nasional dan global, menyadari keragaman budaya (multikultur), membuatkan keterampilan sosial dan menguasai perkembangan teknologi.

Mata Pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran wajib di SMP/MTs yang memadukan (integrated) konsep geografi, sosiologi, ekonomi, dan sejarah. Mata Pelajaran IPS memakai geografi sebagai titik tolak (platform) kajian dengan pertimbangan semua tempat, benda, sumber daya dan kejadian terikat dengan lokasi. Tujuannya yakni untuk menekankan pentingnya ruang sebagai kawasan hidup dan sumberdaya bagi manusia, mengenal potensi dan keterbatasan ruang, alasannya yakni itulah ruang selalu saling berafiliasi (konektivitas antarruang) untuk saling melengkapi. Akibat dari interaksi antara alam dan manusia, serta konektivitas antarruang, kondisi ruang senantiasa berubah berdasarkan waktu dan perkembangan teknologi yang dipakai oleh manusia.

Baca Juga:


Pembelajaran IPS diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner dari Ilmu-ilmu Sosial, Humaniora, dan Psikologi sesuai perkembangan penerima didik. Dalam kontek pembelajaran IPS, ruang dimaknai sebagai ruang kehidupan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pembelajaran IPS diperlukan sanggup membuatkan rasa cinta terhadap tanah air, memperkokoh kesatuan dan persatuan NKRI. Adapun dalam konteks pembentukan insan Indonesia, pembelajaran IPS di SMP/MTs diperlukan sanggup memberi pemahaman ihwal lingkungan dan masyarakat dalam lingkup nasional dan internasional sehingga sanggup membuatkan pengetahuan, sikap, berpikir logis, sistematis, kritis, analitis, dan berketerampilan sosial. Semua itu, pada karenanya sanggup meningkatkan pemahaman potensi wilayah Indonesia, juga membuatkan nasionalisme, memperkokoh perilaku kebangsaan, dan bisa bekerja sama dalam masyarakat beragam selaku warga masyarakat, warga negara dan warga dunia.

Silabus IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan hasil perbaikan dokumen sebelumnya (Lampiran Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014). Perbaikan dilakukan atas dasar masukan publik (masyarakat sipil, asosiasi profesi, perguruan tinggi tinggi, dan sekolah) terhadap ide, dokumen, dan implementasi kurikulum yang diperoleh melalui monitoring dan penilaian dari aneka macam media. Silabus perbaikan ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh penerima didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan penerima didik.

Silabus IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk membuatkan dan melakukan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan- keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 meliputi kompetensi dasar, materi pokok, alternatif pembelajaran dan penilaiannya. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup membuatkan aneka macam model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melakukan silabus ini, guru diperlukan bertindak kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan penerima didik.

Untuk mendapatlan Silabus IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini.
LihatTutupKomentar