-->

Evaluasi Pembelajaran - Soal dan Jawaban

    Latihan Soal Pilihan Ganda Tentang Evaluasi Pembelajaran Lengkap Jawaban 
    1. Kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan, suatu kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan suatu tolak ukur untuk memperoleh suatu kesimpulan, proses untuk melihat apakah perencanaan yang sedang di bangun berhasil sesuai dengan harapan awal atau tidak, dan suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan menentukan kualiatas (nilai atau arti) daripada sesuatu berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu. Uraian tersebut merupakan pengertian-pengertian dari...
      a. Evaluasi
      b. Perencanaan
      c. Pelaksanaan
      d. Hasil
    2. Suatu proses atau kegiatan yang sistematis, berkelanjutan dan menyeluruh dalam rangka pengendalian, penjaminan dan penetapan kualitas (nilai atau arti) berbagai komponen pembelajaran berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu sebagai bentuk pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan pembelajaran...
      a. Evaluasi pembelajaran
      b. Evalusi produk
      c. Evaluasi input
      d. Evaluasi ouput  
    3. Untuk mengetahui kadar pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran, melatih keberanian dan mengajak peserta didik untuk mengingat kembali materi yang disajikan, mengetahui tingkat perubahan prilakunya, dan mengetahui siapa di antara peserta didik yang cerdas dan yang lemah, sehingga yang lemah diberi perhatian khusus agar ia dalam mengejar kekurangannya...
      a. Manfaat evaluasi pembelajaran
      b. Tujuan evaluasi pembelajaran
      c. Prinsip evaluasi pembelajaran
      d. Jenis evaluasi pembelajaran  
    4. Memperoleh pemahaman pelaksanaan dan hasil pembelajaran yang telah berlangsung/ dilaksanakan oleh guru, membuat keputusan berkenaan dengan pelaksanaan dan hasil pembelajaran, dan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dalam rangka upaya meningkatkan kualitas keluaran....
      a. Prinsip evaluasi pembelajaran
      b. Tujuan evaluasi pembelajaran
      c. Manfaat evaluasi pembelajaran
      d. Jenis evaluasi pembelajaran
    5. Kegiatan evaluasi dilaksanakan secara terus-menerus. Evaluasi tidak hanya dilakukan sekali setahun atau persemester, tetapi dilakukan secara berkelanjutan mulai dari proses pembelajaran dengan memperhatikan peserta didik hingga ia tamat dari institusi tersebut....
      a. Prinsip berkesinambungan
      b. Prinsip menyeluruh
      c. Prinsip objektivitas
      d. Prinsip valididitas  
    6. Dalam melakukan evaluasi haruslah melihat keseluruhan dari aspek berfikir (domain kognitif),aspek nilai atau sikap (domain afektif), maupun aspek keterampilan ( domain psikomotor) yang ada pada masing-masing peserta didik....
      a. Prinsip berkesinambungan
      b. Prinsip menyeluruh
      c. Prinsip objektivitas
      d. Prinsip valididitas  
    7. Mengevaluasi berdasarkan keadaan yang sesungguhnya, tidak dipengaruhi oleh hal-hal lain yang bersifat emosional dan irasional....
      a. Prinsip berkesinambungan
      b. Prinsip menyeluruh
      c. Prinsip objektivitas
      d. Prinsip valididitas
    8. Evaluasi yang digunakan benar-benar mampu mengukur apa yang hendak diukur atau yang diinginkan, selalu disamakan dengan ketepatan, misalnya untuk mengukur partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran bukan dievaluasi dengan melihat nilai ketika ulangan tetapi dilihat juga mulai dari kehadiran, keaktifan dan sebagainya.....
      a. Prinsip berkesinambungan
      b. Prinsip menyeluruh
      c. Prinsip objektivitas
      d. Prinsip valididitas
    9. Untuk menilai keberhasilan siswa dalam pencapaian kompetensi dan sebagai umpan balik untuk perbaikan proses pembelajaran merupakan...
      a. Prinsip evaluasi pembelajaran
      b. Tujuan evaluasi pembelajaran
      c. Fungsi evaluasi pembelajaran
      d. Manfaat evaluasi pembelajaran  
    10. Evaluasi yang berhubungan dengan pencapaian suatu hasil yang dicapai suatu program merupakan...
      a. Evaluasi Sumatif
      b. Evaluasi Formatif
      c. Evaluasi Diagnostik
      d. Evaluasi Selektif
    11. Evaluasi yang berhubungan dengan perbaikan bagian-bagian dalam suatu proses agar program yang dilaksanakan mencapai hasil yang maksimal merupakan...
      a. Evaluasi Sumatif
      b. Evaluasi Formatif
      c. Evaluasi Diagnostik
      d. Evaluasi Selektif 
    12. Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor-faktor penyebabnya. Pelaksanaan penilaian semacam ini biasanya bertujuan untuk keperluan bimbingan belajar, pengajaran remedial, menemukan kasus-kasus dan lain-lain merupakan...
      a. Evaluasi Sumatif
      b. Evaluasi Formatif
      c. Evaluasi Diagnostik
      d. Evaluasi Selektif
    13. Penilaian yang dilaksanakan dalam rangka menyeleksi atau menyaring. Memilih siswa untuk mewakili sekolah dalam lomba-lomba tertentu termasuk jenis penilaian selektif. Untuk kepentingan yang lebih luas penilaian selektif misalnya seleksi penerimaan mahasiswa baru atau seleksi yang dilakukan dalam rekrutmen tenaga kerja merupakan...
      a. Evaluasi Sumatif
      b. Evaluasi Formatif
      c. Evaluasi Diagnostik
      d. Evaluasi Selektif
    14. Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan prasyarat yang diperlukan bagi suatu program belajar dan penguasaan belajar seperti yang diprogramkan sebelum memulai kegiatan belajar untuk program itu. Dengan kata lain penilaian ini berorientasi pada kesiapan siswa untuk menghadapi program baru dan kecocokan program belajar dengan kemampuan yang telah dimiliki siswa merupakan...
      a. Evaluasi Penempatan
      b. Evaluasi Formatif
      c. Evaluasi Diagnostik
      d. Evaluasi Selektif
    15. Evaluasi yang ditujukan untuk mengukur konteks program baik mengenai rasional tujuan, latar belakang program, maupun kebutuhan-kebutuhan yang muncul dalam perencanaan merupakan...
      a. Evaluasi Sumatif
      b. Evaluasi Konteks
      c. Evaluasi Diagnostik
      d. Evaluasi Selektif  
    16. Dari berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa tes merupakan alat ukur untuk memperoleh informasi tentang
      a. Hasil belajar siswa
      b. Kinerja guru
      c. Mutu pendidikan
      d. Kemajuan sekolah
    17. Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran adalah ....
      a. Asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusan
      b. Asesmen adalah individu siswa sedangkan  evaluasi adalah program pendidikan.
      c. Asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontes
      d. Asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif
    18. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
      a. Terbuka
      b. Menyeluruh.
      c. Bermakna
      d. Adil
    19. Pergeseran paradigma dalam penilaian hasil belajar akhir-akhir ini disebabkan oleh suatu pendapat bahwa ....
      a. Terjadi perkembangan kurikulum yang sangat pesat
      b. Terjadi perkembangan iptek di bidang penilaian hasil belajar
      c. Tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang sebenarnya
      d. Tes tidak mampu mengukur kinerja guru secara akurat
    20. Hasil pengamatan/obervasi terhadap suatu kegiatan siswa dapat dikelompokkan berdasarkan ....
      a. Tujuan pembelajaran
      b. Pedoman penilaian
      c. Kebijakan guru
      d. Kriteria yang telah ditetapkan
    21. Dari 25 soal ulangan umum untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Ali mengerjakan 17 butir soal dengan benar. Sementara kawan yang terpandai hanya 1 butir soal yang salah, dan anak yang terbodoh di kelas itu hanya mampu mengerjakan 5 butir soal dengan benar. Jika pendekatan kriteria dengan skala 100 yang digunakan, maka nilai ulangan umum bahasa Indonesia yang diperoleh Ali adalah ….
      a. 17,00
      b. 24,00
      c. 68,00
      d. 96,00
    22. Suatu tes yang baik adalah apabila digunakan beberapa kali, menunjukkan hasil yang relatif sama. Pernyataan ini menunjukkan persyaratan tentang butir soal yang baik dilihat dari segi ....
      a. Validitas
      b. Reliabilitas
      c. Capabilitas
      d. Crediibilitas
    23. Kaitan antara validitas dan reliabilitas yang dapat menunjukkan kualitas tes yang baik adalah ….
      a. Tingkat validitas dan reliabilitas tinggi
      b. Tingkat validitas dan reliabilitas rendah
      c. Tingkat validitas tinggi, dan tingkat reliabilitas rendah
      d. Tingkat validitas rendah, tingkat reliabilitas tinggi
    24. Reliabilitas suatu tes dapat ditingkatkan dengan cara ....
      a. Menambah jumlah butir soal semaksimal mungkin
      b. Menambah jumlah butir soal yang homogen
      c. Mengurangi jumlah butir soal yang dianggap jelek
      d. Mengganti soal-soal yang dianggap jelek
    25. Reliabilitas suatu tes yang terdiri dari 40 butir soal adalah 0,45. Setelah ditambah dengan 20 butir soal yang homogen, maka tingkat reliabilitasnya akan menjadi ....
      a. 0,51
      b. 0,53
      c. 0,55
      d. 0,67
    26. Dengan melakukan analisis butir soal , kemampuan guru dalam menulis soal akan meningkat, karena mereka terlatih dalam melakukan ....
      a. Perhitungan skor
      b. Perhitungan koefisien
      c. Penulisan butir soal
      d. Perbaikan butir soal.
    27. Dalam menjawab butir soal , 7 dari siswa kelompok atas menjawab benar dan hanya 2 dari 10 siswa kelompok bawah yang menjawab benar. Daya beda butir soal tersebut adalah ….
      a. 0,20
      b. 0,50
      c. 0,70
      d. 0,80
    28. Seorang guru melakukan tes untuk mengetahui kompetensi yang telah atau belum dikuasai siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan penilaian kelas, yaitu ....
      a. Penelusuran
      b. Pengecekan
      c. Pencarian
      d. Penyimpulan
    29. Jika diketahui bahwa dari hasil tes formatif terdapat 3 dari 8 soal yang diberikan hampir semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar, maka tindakan guru yang sebaiknya dilakukan adalah ….
      a. Melanjutkan ke pokok bahasan berikutnya
      b. Menjelaskan kembali seluruh materi pelajaran
      c. Menjelaskan kembali materi yang belum difahami siswa
      d. Melakukan pembelajaran remidi terhadap siswa yang menjawab salah
    30. Besarnya angka yang dapat menunjukkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) pada suatu mata pelajaran tertentu ditetapkan berdasarkan ....
      a. Kebijakan pemerintah daerah setempat.
      b. Keputusan pemerintah pusat
      c. Keputusan kepala sekolah
      d. Keputusan komite sekolah
    31. Dengan melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.
      a. Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baik
      b. 3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-test
      c. Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi
      d. Melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa
    32. Berdasarkan hasil penilaian portofolio, guru lebih mudah melakukan perbaikan dalam pembelajaran, karena dengan penilaian ini ….
      a. Dapat diketahui kemampuan yang belum dikuasai siswa
      b. Data nilai yang terkumpul lebih lengkap
      c. Pelaksanaan penilaian lebih mudah
      d. Nilai yang terkumpul lebih sempurna
    33. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....
      a. Seleksi
      b. Penempatan
      c. Pre Test-pos test
      d. Bakat
    34. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan butir soal tes objektif, kecuali ....
      a. Hindari petunjuk ke arah jawaban yang benar
      b. Hindari pengulangan kata pada pokok soal
      c. Satu soal hanya ada satu jawaban yang benar
      d. Satu soal hanya ada satu alternatif jawaban
    35. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian, kecuali ....
      a. Penentuan alokasi waktu
      b. Penentuan pokok bahasan
      c. Penentuan indikator/tujuan
      d. Penditribusian butir soal
    36. Sesuai dengan karakteristik tes dalam bentuk uraian/mampu mengukur proses berpikir tinggi, maka unjuk kerja siswa yang paling tepat diukur dengan tes uraian adalah ….
      a. Mengingat
      b. Memahami
      c. Menerapkan
      d. Menganalisis
    37. Menurut model PPSI, alat evaluasi dikembangkan setelah ... .
      a. Menentukan materi pelajaran
      b. Mengembangkan program kegiatan
      c. Menetapkan kegiatan belajar
      d. Merumuskan tujuan pembelajaran
    38. Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah ....
      a. Menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
      b. Menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
      c. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
      d. Ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas
    39. Evaluasi formatif berbeda dari evaluasi sumatif dilihat dari tujuan pelaksanaannya yaitu ... .
      a. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk menentukan tingkat penguasaan siswa
      b. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran
      c. Evaluasi sumatif untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pembelajaran
      d. Evaluasi formatif dilaksanakan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa
    40. Suatu alat evaluasi hendaknya memenuhi kriteria validitas artinya bahwa alat evaluasi tersebut harus ... .
      a. Dapat mengukur apa yang seharusnya diukur
      b. Memberikan hasil yang dapat dipercaya
      c. Dapat membedakan kemampuan siswa
      d. Mudah untuk disekor dan ditafsirkan hasilnya
    41. Evaluasi yang diarahkan untuk mengetahui input baik sumber daya maupun strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan merupakan...
      a. Evaluasi Sumatif
      b. Evaluasi Konteks
      c. Evaluasi Input
      d. Evaluasi Selektif
    42. Evaluasi yang di tujukan untuk melihat proses pelaksanaan, baik mengenai kalancaran proses, kesesuaian dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan, dan sejenisnya merupakan...
      a. Evaluasi Sumatif
      b. Evaluasi Konteks
      c. Evaluasi Input
      d. Evaluasi Proses
    43. Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan merupakan...
      a. Evaluasi Hasil
      b. Evaluasi Konteks
      c. Evaluasi Input
      d. Evaluasi Proses 
    44. Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil belajar siswa lebih lanjut, yakni evaluasi lulusan setelah terjun ke masyarakat merupakan...
      a. Evaluasi Hasil
      b. Evaluasi Outcom
      c. Evaluasi Input
      d. Evaluasi Proses
    45. Evaluasi yang mencakup terhadap tujuan pembelajaran, isi program pembelajaran, strategi belajar mengajar, aspek-aspek program pembelajaran yang lain merupakan..
      a. Evaluasi Program Pembelajaran
      b. Evaluasi Proses Pembelajaran
      c. Evaluasi Hasil Pembelajaran
      d. Evaluasi Selektif Pembelajaran
    46. Evaluasi yang mencakup kesesuaian antara pembelajaran dengan garis-garis besar program pembelajaran yang ditetapkan, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran merupakan...
      a. Evaluasi Program Pembelajaran
      b. Evaluasi Proses Pembelajaran
      c. Evaluasi Hasil Pembelajaran
      d. Evaluasi Selektif Pembelajaran
    47. Evaluasi belajar mencakup tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan, baik umum maupun khusus, ditinjau dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik..
      a. Evaluasi Program Pembelajaran
      b. Evaluasi Proses Pembelajaran
      c. Evaluasi Hasil Pembelajaran
      d. Evaluasi Selektif Pembelajaran 
    48. Sebagai laporan kepada orang tua siswa yang telah mempercayakan kepada sekolah untuk membelajarkan putra/putri mereka dan sebagai pertanggungjawaban (akuntabilitas) penyelenggaraan pendidikan masyarakat yang telah mendorong dan membantu pelaksanaan pendidikan sekolah merupakan...
      a. Fungsi Evaluasi Sumatif
      b. Fungsi Evaluasi Formatif
      c. Fungsi Evaluasi Diagnostik
      d. Fungsi Evaluasi Selektif
    49. Sangat bermanfaat sebagai umpan balik tentang proses pembelajaran yang telah dilakukan,sehingga melalui informasi dari pelaksanaan evaluasi ini guru akan selalu memperbaiki proses pembelajaran merupakan....
      a. Fungsi Evaluasi Sumatif
      b. Fungsi Evaluasi Formatif
      c. Fungsi Evaluasi Diagnostik
      d. Fungsi Evaluasi Selektif
    50. Alat atau teknik penilaian yang sering digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam pencapaian suatu kompetensi tertentu oleh guru merupakan ...
      a. Tes
      b. Non Tes
      c. Wawancara
      d. Observasi
    51. Alat evaluasi yang biasa untuk menilai aspek tingkah laku termasuk sikap, minat, dan motivasi merupakan ...
      a. Tes
      b. Non Tes
      c. Latihan
      d. PR
    52. Teknik penilaian dengan cara mengamati tingkah laku pada suatu situasi tertentu merupakan ...
      a. Observasi
      b. Wawancara
      c. Penilaian produk
      d. Penilaian portopolio 
    53. Teknik penilaian komunikasi antara yang bertanya dan yang ditanyakan merupakan...
      a. Observasi
      b. Wawancara
      c. Penilaian produk
      d. Penilaian portopolio
    54. Bentuk penilaian yang digunakan untuk melihat kemampuan siswa dalam menghasilkan suatu karya tertentu merupakan...
      a. Observasi
      b. Wawancara
      c. Penilaian produk
      d. Penilaian portopolio
    55. Penilaian terhadap karya-karya siswa selama proses pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan terorganisir yang dikumpulkan selama periode tertentu dan digunakan untuk memantau perkembangan siswa baik mengenai pengetahuan, keterampilan, maupun sikap siswa terhadap mata pelajaran yang bersangkutan merupakan....
      a. Observasi
      b. Wawancara
      c. Penilaian produk
      d. Penilaian portopolio 
    56. Perhatikan butir soal berikut!
      Letusan gunung Kelud yang cukup besar terjadi pada ....
      a. Tahun 1850 c. Tahun 2001
      b. Tahun 1951 d. Tahun 2005
      Butir soal tersebut tidak baik karena...
      a. Ada pengulangan kata tahun
      b. Mengukur ingatan
      c. Pokok soal merupakan kalimat yang belum selesai
      d. Pertanyaan terlalu singkat
    57. Penggunaan asesmen alternatif dalam penilaian hasil belajar siswa disebabkan adanya pendapat dari para ahli bahwa tes tertulis ....
      a. Lebih banyak ditulis dalam bentuk objektif
      b. Tidak ditulis oleh guru yang mengajar
      c. Hanya cocok untuk mengukur ranah kognitif
      d. Lebih bersifat bottom-up
    58. Konsep baru akan terbentuk berdasarkan rekonstruksi dari konsep, pengetahuan, dan pengalaman yang telah dimiliki. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
      a. R Spiro
      b. Brunner
      c. Wittrock
      d. Rogers
    59. Pentingnya penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut ....
      a. Biaya asesmen alternatif lebih murah
      b. Waktu yang diperlukan lebih singkat
      c. Mampu mengukur proses dan hasil belajar
      d. Lebih mudah dalam pelaksanaannya
    60. Salah satu kelebihan asesmen alternatif dalam penilaian , karena dapat menyajikan penilaian yang lebih lengkap, yang berarti ....
      a. Mampu menyajikan nilai pretest dan post-tes
      b. Mampu menilai aspek kognitif, afektif dan psikomotor
      c. Dapat digunakan untuk berbagai jenis tes
      d. Disertai dengan kunci jawaban yang objektif
    61. Langkah pertama yang harus dilakukan guru pada saat menyusun tugas dalam rangka asesmen hasil belajar adalah ....
      a. Menentukan tugas yang akan dinilai
      b Menentukan skala yang akan digunakan
      c. Melakukan uji coba
      d. Mengindentifikasi kemampuan siswa
    62. Sebelum digunakan dalam penilaian hasil dan perkembangan kemajuan siswa dalam belajar, harus dilakukan revisi rubrik berdasarkan ….
      a. Saran guru lain
      b. Hasil uji coba.
      c. Saran kepala sekolah
      d. Pertimbangan guru
    63. Jika dibandingkan dengan analitic rubric, deskripsi pada holistic rubric lebih bersifat ....
      a. Umum
      b. Khusus
      c. Pendek
      d. Panjang
    64. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....
      a. Kumpulan hasil karya siswa.
      b. Rekaman hasil karya siswa
      c. Rangkaian hasil karya siswa
      d. Kumpulan nilai siswa
    65. Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portofolio adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan ....
      a. Kriteria tertentu
      b. Kebijakan guru
      c. Keinginan siswa
      d. Kebijakan sekolah
    66. Langkah awal yang harus dilakukan gguru pada tahap pelaksanaan dalam kegiatan asesmen portofolio
      a. Melalukan kegiatan yang dapat memotivasi siswa
      b. Menentukan jenis-jenis bukti yang harus dikumpulkan
      c. Mengawasi pelaksanaan tugas yang dilakukan siswa
      d. Memberikan umpan balik terhaap hasil karya siswa
    67. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa agar para siswa tersebut bersemangat melakukan tugas dengan baik adalah....
      a. Mengatakan bahwa para siswa harus bekerja keras
      b. Menghukum siswa yang tidak dapat bekerja dengan baik
      c. Meyakinkan bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.
      d. Meyakinkan bahwa guru tidak akan berbuat curang dalam penilaian
    68. Jika terjadi perubahan kriteria penilaian portofolio yang disebabkan oleh berbagai hal dan pertimbangan, maka masalah tersebut harus dibicarakan pada pertemuan berkala antara ...
      a. Guru dengan kepala sekolah
      b. Guru dengan siswa.
      c. Siswa dengan kepala sekolah
      d. Siswa dengan siswa lain
    69. Pada tingkat receiving, gejala yang dapat diamati dari siswa yang sedang menerima pelajaran sejarah di kelas adalah ....
      a. Mengajukan pertanyaan
      b. Menjawab pertanyaan
      c. Memperhatikan uraian guru dengan baik
      d. Mengerjakan soal-soal yang diberikan
    70. Tujuan yang ingin dicapai pada suatu kegiatan dalam rangka menemukan konsep diri siswa adalah agar siswa tersebut mampu mengetahui ....
      a. Kekurangan yang ada pada diri siswa
      b. Kelebihan yang ada pada diri siswa
      c. Kekurangan dan kelebihan siswa
      d. Cita-cita para siswa
    71. Seorang guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi /emosi anak adalah ….
      a. Pengamatan langsung
      b. Wawancara
      c. Angket
      d. Kuesioner
    72. Seorang guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan pramuka sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan tujuan yang paling tepat dalam kegiatan pengukuran ini adalah ….
      a. Mengetahui jenis kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolah
      b. Mengetahui jumlah siswa yang memilih pramuka sebagai ekskul
      c. Menjaring pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolah
      d. Menjaring calon peserta kegiatan pramuka disekolah
    73. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ….
      a. Tes uraian bebas
      b. Tes uraian terbatas
      c. Yang sederhana
      d. Yang sangat kompleks
    74. Untuk menghindari terjadinya hallo effect dalam pemeriksaan hasil tes uraian, cara yang paling tepat dilakukan adalah ....
      a. Nama dan nomor peserta tes diganti dengan kode lain
      b. Pemeriksaan dilakukan oleh 2 orang pemeriksa
      c. Lakukan penyamaan persepsi antara pemeriksa I dan II
      d. Berpegang pada pedoman penskoran
    75. Dari 30 butir soal tes objektif, Nila mampu mengerjakan 24 butir soal dengan benar. Jika penilaian menggunakan standar 100 dan tidak menggunakan formula tebakan, maka nilai Nila adalah ....
      a. 24.00
      b. 60,00
      c. 70,00
      d. 80,00
    76. Jika jumlah skor yang diperoleh Ali 35, sedangkan jumlah skor maksimal dari tes dalam bentuk uraian adalah 45, maka persentase penguasaan Ali adalah ....
      a. 10,77
      b. 77,77
      c. 80,77
      d. 90,77
    77. Untuk mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal, ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ....
      a. Melengkapi pilihan
      b. Hubungan antar hal
      c. Membaca diagram.
      d. Melengkapi berganda
    78. Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk objektif, kecuali ....
      a. Mudah melakukan koreksi
      b. Cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendah
      c. Sulit dalam penyusunan butir soal
      d. Tidak dapat digunakan untuk menggali ide
    Kunci Jawabannya Klik Disini
      LihatTutupKomentar