-->

Agar NISN Siswa Kelas 1 Masuk ke Aplikasi Dapodik

Agar NISN Siswa Kelas 1 Masuk ke Aplikasi Dapodik NISN siswa adalah salah satu hal penting yang diproses melalui aplikasi dapodik. Namun ada beberapa proses yang harus dilewati agar siswa yang bersangkutan memiliki NISN. Hal ini yang terkadang tidak diketahui oleh beberapa operator sekolah. Mereka mengira hanya dengan menginput siswa dan sinkronisasii maka otomatis siswa memiliki NISN semua.

Agar siswa memiliki NISN, setelah melakukan sinkronisasi juga harus melakukan verifikasi dan validasi (verval). Bagi anda yang belum melakukan verval karena lupa dengan proses ini silakan segera melakukan verval di dengan login pada Kemdikbud Login Verval PD.

Setelah berhasil login silakan cek di menu RESIDU, jika siswa kelas satu anda sudah masuk di halaman ini silakan klik satu persatu kemudian klik pada pilihan UNMATCH. Mengapa unmatch? Karena siswa kelas 1 merupakan kelas baru yang belum memiliki NISN, kecuali siswa anda adalah siswa pindahan yang kemungkinan besar pernah didaftarkan dan memiliki NINS dari sekolah sebelumnya. Maka silakan cari perbandingan data yang ada dan kalau memang sama silakan klik MATCH, tapi jika anda yakin siswa tersebut belum memiliki NISN, silakan klik UNMATCH. Hasil dar proses ini, maka siswa yang diunmatch akan masuk pada halaman KONFIRMASI.

Selanjutnya silakan masuk ke menu KONFIRMASI DATA, klik pada bagian Data Terindikasi Sama / Mirip / Sesuai. Halaman akan menampilkan data dari residu. Silakan klik atau centang semua kemudian klik OK. Degan demikian semua siswa akan masuk ke halaman Referensi dengan sudah memiliki NISN. Jangan lupa klik juga pada bagian Data Terindikasi Berbeda / Tidak Mirip untuk mengecek siswa yang masuk ke halaman ini.

Apakah sampai di sini proses selesai? Kalau proses pendaftaran NISN ya, sampai di sini selesai. Siswa sudah memiliki NISN semua. Tapi agar data NISN bisa masuk ke aplikasi dapodik harus melalui proses lagi.

Proses Pertama
Anda harus menunggu data hasil VerVal masuk ke Referensi Dapodik. Untuk mengecek apakah data sudah masuk atau belum silakn cek dengan Login OPS Dapodik.

Proses kedua
Berikutnya kalau data hasil verval sudah masuk data referensi dapodk maka anda harus melakukan penarikan data dari server pusat ke aplikasi dapodik. Untuk melakukan ada dua cara.

Pertama bisa dengan melakukan sinkronsisasi seperti biasa. Dengan sinkronisasi maka aplikasi akan menarik data dari server pusat dapodik termasuk menarik data NISN baru.

Cara kedua adalah dengan menggunakan prefeill dapodik. Yaitu anda mengundul prefill dapodik di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik dengan menggunakan kode registrasi ataupun dengan menggunakan NPSN. Setelah anda berhasil mendownload data prefill silakan anda masukkan pada C://prefill_dapodik, kemudian buka aplikasi dapodik anda dan lakukan registrasi kembali.

Catatan :
Anda tidak perlu uninstal aplikasi dapodik, cukup dengan registrasi ulang saja. Karena dengan melakukan registrasi dengan prefill terbaru itu artinya anda memperbarui database dengan data terbaru dari prefill tersebut.

Setelah selesai registrasi seilakan login ke aplikasi dapodik anda. Cek apakah semua siswa sudah memiliki NISN atau belum. Cek semua data apakah normal atau tidak. Kalau semuanya tidak ada masalah, saya ucapkan selamat kepada anda, karena anda sudah menyelesaikan semua proses dapodik ini dengan benar.
LihatTutupKomentar