-->

Silabus Kimia Kelas 10, 11 Dan 12 Sma/Ma Kurikulum 2013 Revisi 2017

  Silabus yakni rencana pembelajaran pada suatu dan Silabus Kimia Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Kimia Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Kimia Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Silabus yakni rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi kompetensi dasar, bahan pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Pengembangan indikator dan bahan pembelajaran merupakan merupakan 2 kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum menyebarkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Melalui pemahaman keterkaitan kompetensi (SKL-KIKD), maka pendidik yang mengampu mata pelajaran Kimia sanggup merumuskan indikator pencapaian kompetensi (IPK) yang dijadikan dasar dalam memilih pembelajaran dengan mengintegrasikan literasi pengembangan keterampilan Abad 21.

Pengetahuan terkait dengan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif serta indikator keterampilan berkaitan tidak hanya keterampilan bertindak tetapi juga keterampilan berfikir yang juga dikatakan sebagai keterampilan aneh dan konkret.

Baca Juga Silabus Bahasa Inggris Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sebagai bab dari Ilmu Alam, Kimia mempunyai ciri umum yang sama dengan ilmu serumpun, yaitu Kimia dan Biologi. Namun demikian, sebagai suatu disiplin ilmu tersendiri, Kimia mempunyai karakteristik yang berbeda dengan rumpun Ilmu Alam lainnya. Mata pelajaran Kimia bertujuan untuk menumbuhkan sikap spiritual dan sikap sosial, membekali pengetahuan dan keterampilan kepada akseptor didik yang relevan dengan Kimia supaya akseptor didik bisa untuk menuntaskan problem dalam kehidupan sehari-hari sebagai pribadi dan sebagai warga negara.

Kimia merupakan bab dari Ilmu Alam yang diperoleh dan dikembangkan menurut percobaan untuk mencari balasan atas pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana wacana gejala-gejala alam khususnya yang berkaitan dengan komposisi, struktur, sifat, transformasi, dinamika dan energetika zat. Selain berperan untuk memahami banyak sekali tanda-tanda alam, ilmu kimia juga sangat membantu dan menyumbang terhadap penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, ibarat biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan ibarat pertambangan, pertanian, kesehatan, perikanan dan teknologi.

Baca Juga Silabus Bahasa Jerman Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013

Belajar Kimia merupakan aktivitas yang menarik dan menyenangkan untuk membentuk pribadi yang menyayangi lingkungan alam dan sosial. Dalam Kurikulum 2013 pembelajaran Kimia pada tingkat SMA/MA diarahkan pada pemilikan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif. Dimensi pengetahuan meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognisi. Adapun dimensi proses kognitif meliputi mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta/ mengkreasi.

Aspek kerja ilmiah dalam Kurikulum 2013 sanggup dimasukkan dalam aspek keterampilan. Peserta didik dibutuhkan mampu: mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.

Baca Juga Silabus Ekonomi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013 Revisi 2017

Selain sebagai produk dan proses, Kimia mengandung nilai-nilai (values). Nilai-nilai atau sikap terdiri dua unsur yaitu sikap berTuhan dan sikap sosial. Dengan mempelajari Kimia, maka akan tumbuh dari diri akseptor didik penghayatan dan pengamalan dari pemikiran agama yang dianutnya. Kimia banyak mengandung muatanmuatan keimanan
dan penghayatan pemikiran agama.

Pembelajaran Kimia dibutuhkan sanggup mengaitkan apa yang dipelajarinya dengan entitas insan sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Melalui panca inderanya, akseptor didik sanggup mengeksplorasi alam, memahami proses yang berlangsung, sehingga menghasilkan kemampuan metakognitif yang tinggi dan berperilaku sebagai insan yang beriman.
Sikap sosial yang ditumbuhkan dalam Kimia memuat nilai-nilai abjad yang mulia, sebagai hasil proses pembelajaran saintifik. Sikap sosial yang sanggup ditumbuhkan melalui Kimia antara lain yaitu menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif. Peserta didik dibutuhkan bisa mengatakan sikap-sikap tersebut sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam, serta sanggup menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Baca juga Silabus Matematika Kelas X,XI dan XII SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk melaksanakan analisis kompetensi dan menyebarkan IPK disarankan supaya Anda memperhatikan karakteristik mata pelajaran Kimia dan mempelajari karakteristik akseptor didik untuk menyebarkan nilai-nilai pembentukan abjad menyebarkan keterampilan Abad 21 terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan kasus (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar Gambar 5 di bawah ini menggambarkan rangkaian aktivitas dalam analisis kompetensi untuk menjabarkan IPK dan bahan dari suatu KD, baik untuk KD-KI 3 maupun KD-KI 4.

Baca Juga Silabus Sejarah Peminatan SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017 


LihatTutupKomentar