-->

Pengertian Rekayasa, Produk Rekayasa, dan Ilmu Rekayasa

Rekayasa atau dalam bahasa Inggrisnya kita kenal dengan engineering.

Engineering atau rekayasa adalah aplikasi ilmu pengetahuan (science) untuk menjawab persoalan praktis dalam kehidupan manusia termasuk di dalamnya kebutuhan komersial atau Industri.

Prakarya rekayasa akan mengajak kita untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan (science) menjadi produk-produk rekayasa sederhana yang dapat digunakan untuk membantu dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Produk rekayasa digunakan oleh manusia. Oleh sebab itu, produk rekayasa harus aman, nyaman, mudah serta menyenangkan untuk digunakan. Agar menyenangkan untuk dipakai, produk rekayasa harus memiliki estetika (keindahan) yang baik, serupa dengan seni (art).

Produk rekayasa juga dapat menjadi produk komersial yang dapat dijual belikan. Pemahaman tentang pasar dan manajemen bisnis menjadi bagian yang dapat memengaruhi karya produk rekayasa yang dibuat.

Ilmu rekayasa adalah tempat bercampurnya berbagai pengetahuan untuk diaplikasikan menjadi produk yang membantu kehidupan manusia. Produk rekayasa alat komunikasi tidak terlepas dari perkembangan pola komunikasi, penemuan di bidang elektronika, perkembangan ilmu desain visual dan kewirausahaan.

LihatTutupKomentar