-->

4 Sifat Keperiodikan Unsur (Materi Lengkap)

Sifat keperiodikan unsur yaitu sifat-sifat yang berubah secara beraturan sesuai dengan kenaikan nomor atom unsur. Sebenarnya ada banyak sifat keperiodikan unsur, namun untuk tingkat Sekolah Menengan Atas hanya empat yang dibahas. Berikut yaitu empat sifat keperiodikan unsur:

Bagian dari: Sistem Periodik Unsur (Materi Lengkap)
 
sifat yang berubah secara beraturan sesuai dengan kenaikan nomor atom unsur 4 Sifat Keperiodikan Unsur (Materi Lengkap)Afinitas Elektron (Artikel Lengkap)

Afinitas elektron yaitu besarnya energi yang dilepaskan satu atom netral dalam wujud gas jika suatu atom menangkap elektron sehingga terbentuk ion negatif. Satuan afinitas elektron yaitu KJ/mol. Afinitas elektron dipakai untuk mengisolasi atom dan biasanya menghasilkan panas. Kecenderungan dalam afinitas elektron lebih bervariasi dibandingkan dengan energi ionisasi. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, afinitas elektron semakin berkurang. Sedangkan dalam satu periode dari kiri ke kanan, afinitas elektron semakin bertambah.

4. Keelektronegatifan

Keelektronegatifan yaitu daya sebuah atom dalam sebuah molekul untuk menarik elektron dalam suatu ikatan kovalen. Keelektronegatifan diketahui dengan memakai skala Pauling dengan rentang antara 0,7 hingga 4. Skala tersebut ditemukan oleh Linus Pauling. Keelektronegatifan tidak terdapat pada gas mulia alasannya yaitu tidak sanggup mendapatkan maupun melepaskan elektron. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, keelektronegatifan semakin berkurang. Sedangkan dalam satu periode dari kiri ke kanan, keelektronegatifan semakin bertambah.


Anda sanggup request artikel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke atau pribadi saja lewat kolom komentar :)

LihatTutupKomentar