-->

Klasifikasi Binatang (Artikel Lengkap)

Terdapat milyaran jenis makhluk hidup yang berbeda di dunia ini. Maka dari itu, diperlukan sebuah sistem klasifikasi makhluk hidup untuk mengelompokkan semuanya. Khusus untuk hewan, klasifikasinya dibagi menjadi 6 yaitu filum, kelas, ordo, famili, genus, dan spesies. Semakin mendekati spesies, perbedaannya mulai sedikit.

Terdapat milyaran jenis makhluk hidup yang berbeda di dunia ini Klasifikasi Hewan (Artikel Lengkap),sayap, dan paruh.

2.2. Berdasarkan Perbedaan

Apabila kita mengamati perbedaan ciri yang dimiliki ayam dan elang menurut jenis makanannya, maka ayam termasuk herbivora, sedangkan elang termasuk golongan karnivora, yaitu pemakan daging.

2.3. Berdasarkan Ciri Morfologi dan Anatomi

Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan dari binatang pertama-tama yang sanggup dilakukan yaitu mengamati bentuk luar dari binatang tersebut, contohnya bentuk paruh dan jumlah sayap.

2.4. Berdasarkan Ciri Biokimia

Sejalan dengan masa perkembangannya, untuk memilih penjabaran makhluk hidup selain menurut ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, sanggup pula memakai ciri-ciri biokimia, contohnya jenis-jenis enzim, jenis-jenis protein, dan jenis-jenis DNA. Hal tersebut sanggup memilih relasi kekerabatan antara binatang satu dengan lainnya.

2.5. Berdasarkan Manfaat

Tujuan pengelompokan ini yaitu untuk memudahkan kita memanfaatkan suatu hewan.

3. Pengelompokan Dunia Hewan

Berdasarkan ada atau tidaknya tulang belakang, animalia terbagi menjadi bertebrata/vertebrae (bertulang belakang, contoh: kera) dan invertebrata/invertebrae (tidak bertulang belakang, contoh: siput).

Berdasarkan jenis makanannya binatang terbagi menjadi tiga kelompok yaitu herbivora (pemakan tumbuhan, contoh: sapi), karnivora (pemakan daging dari binatang lain, contoh: singa), dan omnivora (pemakan flora dan daging dari binatang lain, contoh: ayam).

Berdasarkan simetri badan binatang dibagi menjadi dua kelompok yaitu simetri bilateral (tersusun atas dua sisi yang bersebelahan, contoh: ikan) dan simetri radial (bentuk badan melingkar atau bulat, contoh: bintang laut).

Berdasarkan daerah hidupnya binatang dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu binatang yang hidup di darat (contoh: gajah), binatang yang hidup di air (contoh: ikan), dan binatang yang hidup di darat dan air (amfibi, contoh: buaya).

Berdasarkan epilog tubuhnya binatang dibagi menjadi empat kelompok yaitu binatang bersisik (contoh: ular), binatang berlendir (contoh: belut), binatang berambut (contoh: anjing), dan binatang berbulu (contoh: burung).

Berdasarkan alat geraknya binatang dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu kaki (contoh: harimau), sayap (contoh: nyamuk), perut (contoh: ular), dan perut dan kaki (contoh: cicak).

Berdasarkan cara berkembangbiaknya binatang dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu ovipar (bertelur, contoh: ayam), vivipar (melahirkan, contoh: kambing), ovovivipar (bertelur dan melahirkan, contoh: kadal).

4. Contoh Klasifikasi Hewan

Disini akan membahas perihal penjabaran singa:

  1. Kingdom animalia (ini yaitu kerajaan hewan)
  2. Filum chordata (hewan vertebrata)
  3. Kelas mamalia (hewan menyusui)
  4. Ordo karnivora (hewan pemakan daging)
  5. Famili felidae (bangsa kucing)
  6. Genus panthera (segala jenis kucing besar menyerupai singa, harimau, dan jaguar)
  7. Spesies leo (singa!)


Sumber:

Judul

Alamat

Animal /search?q=klasifikasi-makhluk-hidup-artikel
KLASIFIKASI DUNIA HEWAN /search?q=klasifikasi-makhluk-hidup-artikel
Klasifikasi Hewan (Kingdom Animalia) http://www.sridianti.com/klasifikasi-kingdom-hewan-animalia.html


Anda sanggup request artikel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke

LihatTutupKomentar