-->

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14

.com –Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 5 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 1


 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14

Ayo Membaca


Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN

Hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Lani, dan teman sekelasnya. Mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta. Wah, tidak sabar rasanya Udin dan teman-teman ingin sampai di sana. Kebetulan saat ini mereka juga sedang belajar mengenai negara-negara tetangga. Mereka ingin sekali melihat bukti dari yang mereka pelajari.

Sesampai di arena pameran, Udin dan teman-temannya dibagi menjadi beberapa kelompok. Pameran diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN. Masing-masing anjungan tampil menarik dengan ciri khas tiap negara. Anjungan Indonesia tampil dengan ciri khas rumah Toraja yang unik dan menarik.

Terdapat juga anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN. Udin menghabiskan banyak waktu di anjungan ini.Anjungan ini menampilkan berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil. Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk wirausaha dari tiap negara. Berbagai produk kreatif ada di sana. Ada jaket kulit dari pengrajin negara Indonesia, ada manisan buah Thailand dalam kemasan kaleng, ada alat penyeduh kopi klasik Vietnam, serta ada pula aplikasi agribisnis yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk menghubungkan petani dan konsumen.

 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14


Edo terkesan dengan berbagai makanan khas. Memang, Edo selalu tertarik dengan makanan dari berbagai daerah. Ada singkong santan khas Thailand, ada Pho dari Vietnam, ada Larb dari Laos, dan masih banyak makanan lain yang namanya pun baru Edo ketahui. Makanan khas tiap negara menunjukkan ciri khas sumber daya alamnya.

 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14


Beni tertarik dengan anjungan Negara Brunei yang menampilkan Wayang Asik khas negaranya. Wayang ini popular sekitar tahun 1960-an di Kampung Ayer, di tepi Sungai Brunei. Saat ini, Brunei berusaha mengembangkan kembali minat masyarakatnya untuk mempelajari Wayang Asik karena popularitasnya mulai turun sejak masuknya berbagai budaya asing. Hal yang menarik bagi Beni adalah melihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untuk memperkenalkan Wayang Asik. Berbeda dengan wayang Indonesia, yang menampilkan sosok legendaries dunia pewayangan, Wayang Asik ini menampilkan sosok tokoh manusia dalam bentuk kecil. Tinggi wayang hanya sekitar delapan hingga sepuluh cm. Wayang ini dibuat dari kertas tebal dengan pegangan dari kayu.

Udin dan teman-teman juga mengikuti aneka lomba yang diadakan oleh beberapa anjungan. Sebelum mengikuti lomba, mereka harus mengisi formulir pendaftaran. Hadiahnya? Tentu saja cendera mata khas dari  negara tersebut.

Menyaksikan pameran budaya ASEAN memberi Udin dan teman-teman pengalaman belajar yang berharga. Kini pengetahuan mereka semakin kaya. Pengetahuan dari penjelasan guru, dari buku yang dibaca, serta menyaksikan langsung ragam karya dan budaya yang ditampilkan tiap negara ASEAN.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 3-4

Mengapa hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawan?

Hari ini menjadi hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawanya karena mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta.

Apa yang dapat dipelajari dari anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN?

Kita dapat mempelajari berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil di Anjungan yang di kelola Sekretariat ASEAN. Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk wirausaha dari tiap negara.

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Edo?

Edo memperoleh pengalaman belajar bahwa makanan khas tiap Negara menunjukkan ciri khas sumber daya alamnya.

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Beni?

Beni memperoleh pengalaman belajar mengenai wayang Asyik dari Brunei yang berbeda dengan wayang Indonesia.

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Udin?

Udin memperoleh pengalaman belajar, Udin mengikuti aneka lomba yang di adakan oleh beberapa anjungan.

Jika kamu mendapat kesempatan berkunjung ke arena pameran tersebut, apa kegiatan yang mungkin paling menarik menurutmu? Mengapa?

Menurut saya, yang paling menarik adalah mengenal wayang Asyik dari Brunei karena berbeda dengan wayang Indonesia yang menampilkan sosok legendaris dunia pewayangan.

Tulis 3 hal yang menurutmu penting dari teks tersebut!

1. Pameran budaya ASEAN yang di selenggarakan oleh Sekretariat ASEAN
2. Anjungan khusus yang di kelola oleh sekretariat ASEAN. Anungan ini menampilkan berbagai informasi tentang perasaan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil.
3. Menyaksikan pameran budaya ASEAN memberi Udin dan teman-teman pengalaman belajar yang berharga.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 5


Ayo Berdiskusi

Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN mempunyai potensi masing- masing, mulai dari sumber daya alamnya hingga sumber daya manusianya.  Bagaimana peranan dan posisi Indonesia dalam kancah perekonomian ASEAN? Bagaimana peranan dunia usaha? Ayo, kita cari tahu lebih lanjut.

Kamu akan mencari informasi secara berkelompok tentang kerja sama ekonomi antarnegara ASEAN, khususnya tentang posisi dan peranan Indonesia.

Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber. Laporkan hasilnya dalam bentuk peta pikiran.


 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 8


Selanjutnya, kamu akan mengenal berbagai macam magnet. Perhatikan  magnet yang telah disediakan oleh gurumu.

 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14

Apa yang kamu ketahui tentang magnet?

Magnet merupakan benda yang dapat menarik logam seperti baja dan besi serta memiliki daerah disekitarnya yang masih dipengaruhi oleh magnet atau dinamakan medan magnet. Magnet sendiri memiliki dua buah kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Apa saja jenis-jenis magnet yang kamu ketahui?

1.Mangnet Alam

Magnet Alam adalah magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami tanpa ada campur tangan manusia. Contohnya adalah gunung ida di Magnesia yang mampu menarik benda-benda disekitarnya.

2.Mangnet Buatan

Magnet Buatan adalah magnet yang sengaja dibuat oleh manusia dari bahan-bahan magnetik yang kuat seperti besi dan baja.

Apa arti simbol U dan S yang terdapat pada magnet? Jelaskan.

Simbol U dan S menunjukkan kutub magnet, dimana U merupakan kutub Utara magnet, dan S merupakan kutub Selatan magnet.

Jelaskan perbedaan bentuk masing-masing magnet.

• Magnet batang merupakan magnet yang berbentuk balok.
• Magnet silinder merupakan magnet yang berbentuk tabung.
• Magnet jarum merupakan magnet yang berbentuk jarum yang mengarah ke dua arah yang berlainan.
• Magnet ladam merupakan magnet yang berbentuk seperti huruf U.
• Magnet lingkaran merupakan magnet yang berbentuk lingkaran.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 12 13 dan 14


Ayo Membaca

Formulir A

 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14


Formulir B

 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14


Apa saja yang kamu temukan dalam kedua formulir tersebut?

Judul formulir, kolom pengisian identitas diri, kolom pengisian minat peserta, kolom untuk mencantumkan tanda tangan, dan catatan tambahan.

Apa perbedaan antara formulir A dan formulir B?

Tujuan Formulir

Apa tujuan dari formulir A?

Untuk Mendaftar menjadi peserta lomba cerdas cermat ASEAN

Apa tujuan dari formulir B?

Untuk mendaftarkan diri mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.

Mengapa formulir itu kita butuhkan?

Formulir itu dibutuhkan agar pihak yang membutuhkan data memiliki identitas diri peserta dan sebagai syarat untuk mengikuti suatu kegiatan.

Kapan kita mengisi formulir?

Kita mengisi formulir ketika kita akan mengikuti suatu kegiatan yang membutuhkan identitas diri.

Apa yang dapat kamu simpulkan tentang formulir?

Formulir menjadi syarat tertulis sebelum seseorang dapat mengikuti suatu kegiatan atau menjadi anggota suatu organisasi. Dengan formulir, suatu panitia atau organisasi dapat mengenal data diri seseorang dan menggali informasi lainnya.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14  yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari .com.
LihatTutupKomentar