-->

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 51, 52, 54, 55

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 52, 54, 55- Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 4 berbagai pekerjaan subtema 2 pekerjaan disekitarku kegiatan pembelajaran 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas  sekolah.

Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing  yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Pada artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi Pembelajaran 6 Subtema 1. buku yang kakak gunakan bersumber dari buku siswa kelas 4 tema 4 Berbagai Pekerjaan Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

 pekerjaan disekitarku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 51, 52, 54, 55

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 4 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 45, 46. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.

Baca Juga :

Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 52, 54, 55

Ayo Membaca

Setiap orang memiliki tujuan saat bekerja. Banyak yang memiliki tujuan mulia saat memilih suatu pekerjaan. Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang bekerja untuk kepentingan orang lain? Kamu akan belajar tentang hal tersebut melalui cerita pendek berikut.

Bacalah cerita di bawah ini dalam hati!

Pak Welly adalah Kepala Sekolah Dasar Cemara di pelosok Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Beliau lahir di Labuha, Maluku Utara. Di sekolah ini, muridnya juga berasal dari berbagai daerah. Pak Welly senang melihat murid- muridnya dapat belajar dan bermain bersama tanpa mempersoalkan  asal- usul. Semua unik, baik sifat maupun kecerdasannya.

Sudin adalah penduduk asli Grobogan. Ia seorang anak yang suka membaca, percaya diri, dan pandai berpidato. Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato yang sebentar lagi akan diadakan di tingkat nasional.

Sambil berpikir bagaimana memperoleh dana, Pak Welly mendaftarkan Sudin sebagai peserta lomba. Ia melatih Sudin setiap hari. Semakin dekat ke hari lomba, Pak Welly risau. Andai saja gajinya cukup untuk mendanai Sudin ke kota, pikirnya.

Hingga suatu sore terlintas ide di benaknya. Dipandangnya kebun pisang di belakang sekolah. Hampir semua pohon sudah berbuah dan siap panen. Esok paginya ia mengumpulkan guru, penjaga sekolah, serta murid Kelas 4, 5, dan 6. Mereka bergotong royong memanen pisang. Kemudian pada hari Senin pagi, ia mengundang pejabat setempat untuk hadir pada upacara bendera. Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT dimintanya datang. Apa yang direncanakan Pak Welly?

Rupanya Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolahMurid kelas 4, 5, dan 6 sudah dilatihnya untuk menjadi petugas lelang. Siapa calon pembelinya? Para bapak dan ibu pejabat daerah yang diundangnya. Sebelum lelang dimulai, ia sampaikan bahwa dana hasil  lelang akan digunakan untuk mengirim Sudin mengikuti lomba pidato di  kota. Para pejabat kagum dan terharu menyaksikan usaha Pak Welly, sang kepala sekolah dari timur negeri. Tekad serta usaha mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati. Dalam sekejap pisang habis dilelang. Dana yang terkumpul lebih dari cukup untuk memberangkatkan Sudin.

Didampingi Pak Seto, guru kelasnya, Sudin pun berangkat ke kota. Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama lomba pidato untuk sekolahnya. Tak sia-sia usaha Pak Welly dan seluruh warga sekolah.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 51

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Sebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita di atas!

Pak Welly, Sudin, Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT.

2. Apa yang diharapkan oleh Bapak Welly?

Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato yang sebentar lagi akan diadakan di tingkat nasional.

3. Mengapa Bapak Welly memiliki harapan tersebut?

Agar Sudin seorang anak yang suka membaca, percaya diri, dan pandai berpidato memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato .

4. Apa yang dilakukan oleh Bapak Welly dan siswa di sekolahnya?

Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolah untuk menggalang dana.

5. Tokoh mana yang paling kamu sukai? Mengapa?

Pak Welly tekad serta usaha mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 52

Apakah kamu menyukai cerita di atas? Mengapa? Bagian mana yang paling kamu sukai?

Mengapa? Karena Tekad serta usaha Pak Welly untuk mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati.

Bagian mana yang paling kamu sukai?

Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama lomba pidato untuk sekolahnya.

Tulis pendapatmu tentang cerita tersebut di bawah ini!

Sebagai guru memang seharusnya mendukung kemajuan muridnya dalam bidang apapun dan sebagai murid kita harus memiliki bakat yg hebat agar bisa membanggakan orang tua dan sekolah.

Tukarkan pekerjaanmu dengan pekerjaan teman sebelahmu! Berilah komentar!

Ayo berdiskusi

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampong nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.

Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca.Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar.

Aku mendengar sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak.Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan ikannya banyak. Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom.

Kunci Jawaban Buku Siswa tema 4 kelas 4 Halaman 54

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan?

Mereka menggunakan sampan dan jaring untuk pergi berlayar.

2. Apa yang digunakan oleh nelayan modern untuk menangkap ikan?

Mereka menggunakan kapal besar yang menggunakan bahan bakar. Mereka berlayar ke laut lepas dan menangkap ikan jaring dan radar pendeteksi ika. Mereka juga menggunakan bom.

3. Tulislah persamaan dan perbedaaan dari nelayan modern dan tradisional dalam diagram Venn berikut!

Persamaan :
  • Sama-sama menangkap ikan di laut
  • Menggunakan jaring untuk menangkap ikan
  • Menghadapi badai dan ombak di laut.
Perbedaan :
  • Nelayan tradisional menggunakan sampan, nelayan modern menggunakan kapal.
  • Nelayan tradisional menangkap ikan di daerah sekitar pantai, nelayan modern bisa sampai ke tengah laut.
  • Nelayan tradisional menggunakan tenaga angin untuk menggerakan kapal, nelayan modern menggunakan tenaga mesin.
  • Hasil tangkapan nelayan tradisional lebih sedikit, nelayan modern hasilnya lebih banyak dibanding nelayan tradisional.
  • Nelayan tradisional tidak menggunakan radar untuk mengetahui kumpulan ikan, nelayan modern menggunakan radar .



4. Menurutmu apa yang akan terjadi dengan laut jika semua nelayan menggunakan perahu besar dan perlengkapan modern?:

Jika nelayan menggunakan perahu besar dan perlengkapan modern akan mengakibatkan penangkapan ikan yang berlebih, ikan yang masih kecil ikut ditangkap sehingga perkembangan jumlah ikan terganggu. Selain itu penggunaan peledak dan racun juga dapat merusak ekosistem laut. Akibat penangkapan ikan yang berlebih dapat mengakibatkan produksi perikanan terus menurun setiap tahunnya, hilangnya beberapa jenis tangkapan, dan kondisi terumbu karang buruk.

5. Bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan supaya kelestarian ekosistem tetap terjaga?

Sebaiknya nelayan menangkap ikan tidak bom, racun, dan pukat harimau. tetapi menggunakan alat-alat penangkap ikan yang ramah lingkungan.

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 tema 4 Halaman 55

Diskusikan hasilnya dengan kelompokmu!

Aku cukup sedih melihat sekarang ini banyak yang menangkap ikan dengan pukat harimau dan bahan peledak.

Pukat harimau adalah jaring sangat besar yang dapat menjaring semua makhluk hidup laut.

 pekerjaan disekitarku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 51, 52, 54, 55

Bom ikan adalah bahan peledak untuk menangkap ikan. Cara ini dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang dan habitat ikan.

Apakah kamu setuju dengan pengambilan ikan dengan cara di atas? Jelaskan!

Tidak, Karena pukat harimau adalah jaring sangat besar yang dapat menjaring semua makhluk hidup laut dan Bom ikan adalah bahan peledak untuk menangkap ikan.

Apakah akibat buruk yang akan terjadi jika pengambilan ikan menggunakan cara di atas?

Akibat buruk yang ditimbulkan penggunaan bom dan pukat harimau adalah menyebabkan hancurnya terumbu karang yang menjadi habitat ikan. Penggunaan pukat harimau menyebabkan ikan-ikan kecil ikut terjaring sehingga kelangsungan hidup ikan terancam.

Ayo Mengamati

Tahukah kamu bagaimana ikan bisa kita makan?

Amati gambar di bawah!!

Hasil tangkapan ikan dijual ke pedagang ikan di pelelangan ikan. Dari tempat pelelangan itulah ikan dikirim ke pasar-pasar untuk dijual ke penjual ikan atau langsung ke konsumen. Penjual ikan dan konsumen wajib menjaga kebersihan pangan dengan cara mencuci ikan hingga bersih.

1. Jenis kegiatan ekonomi,

Jenis kegiatan ekonomi pada gambar di atas adalah perdagangan.

2. Jenis barang yang diperjualbelikan,

Jenis barang yang diperjualbelikan adalah Ikan

3. Jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut, dan

Nelayan, Pedagang Ikan, Pengangkut Barang

4. Hasil dari setiap pekerjaan.

  1. Nelayan menghasilkan ikan (Barang)
  2. Pedagang ikan memperoleh untung dari penjualan ikan (jasa)
  3. Tukang angkut barang mendapat upah pengangkutan (jasa)
  4. Penjual ikan memperoleh keuntungan dari hasil penjualannya (jasa)


Kegiatan jual beli ada yang berupa barang dan ada pula yang berupa jasa.Apakah kamu dapat menyebutkan contoh yang kamu temui di sekitarmu kegiatan jual beli yang berkaitan dengan barang dan jasa?

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang, Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan sesuatu barang yang bisa digunakan oleh orang lain misalnya pembuat makanan, petani, nelayan, peternak, dan perajin.

Pekerjaan yang Menghasilkan jasa, Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah suatu pekerjaan yang pelayanannya bisa dinikmati oleh orang lain. Pekerjaan ini tidak menghasilkan barang, misalnya guru, petugas kebersihan, dokter, tukang cukur rambut, polisi, dan sopir.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 52, 54, 55 yang kami share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan tenaga pendidik. Salam Pintar dari

LihatTutupKomentar