-->

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 65, 66, 68, 69

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran 4 Halaman 65, 66, 68, 69 Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018 Semester II. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

KELAS 6 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4


 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 65, 66, 68, 69


Arif main ke rumah Udin. Mereka berbincang tentang banyak hal. Mulai dari pelajaran di sekolah sampai acara televisi yang sedang mereka tonton. Mereka tampak seperti kakak adik yang hidup rukun. Melihat ciri fisik Udin dan Arif tampak perbedaan antara masa anak-anak (kanak-kanak) dan masa pubertas.

Ayo Berlatih

Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas?
Masa pubertas dapat dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak. Untuk mengetahui kamu saat ini sudah memasuki masa pubertas atau masih anak-anak, dapat kamu lakukan dengan menjawab secara jujur pertanyaan-pertanyaan dalam tabel berikut. Isi tabel dengan tanda centang (v) pada kolom yang tersedia. Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan yang tersedia.

Jika jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti kesimpulannya kamu sudah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, jika jawaban lebih banyak pada kolom “Belum” berarti kamu masih anak-anak (kanak-kanak).

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 65


Kolom diisi oleh anak laki-laki :

 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 65, 66, 68, 69

Kolom diisi oleh anak Perempuan :

 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 65, 66, 68, 69

Untuk jawaban halaman 63 setiap jawaban siswa berbeda, karena berdasarkan hasil dari pengamatan atau pendapat mengenai fisik masing-masing siswa tersebut.

Arif dan Udin terkesima menonton sebuah tarian di televisi. Mereka tertarik dengan gerakan penari. Penari Klana topeng memakai topeng. Meskipun wajah ditutupi topeng penari tetap lincah bergerak.

Ayo Membaca


Tari Klana Topeng

Tari Klana Topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Klana Topeng pada umumnya ditarikan oleh penari putra. Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuh cinta.

Gerak-gerik tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri. Ada gerak mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis. Ada gerak menata pakaian. Ada juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian yaitu seperangkat gamelan Jawa.

 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 65, 66, 68, 69

Penari saat mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana, di antaranya celana, kain, sabuk, selendang, penutup kepala, hiasan dada, hiasan tangan, dan hiasan kaki. Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih selama lima belas menit. Penari menggunakan topeng.

Selama menarikan Tari Klana Topeng. Pemakaian topeng oleh penari secara terus menerus selama menarikan tarian ini sehingga membuat kagum para penonton. Penari tetap bersemangat dan lincah dalam bergerak meskipun memakai topeng.

Sumber: Buku Keragaman Tari Nusantara, PT Intan Pariwara

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 66

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca dengan cermat teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul  teks nonfiksi (Tari Klana Topeng)?

Informasi tentang tari Klana Topeng.

2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru  membaca judul teks nonfiksi dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?

Sesuai, judul menunjukkan isi bacaan.

3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng? 
Informasi yang diperoleh setelah membaca teks non fiksi berjudul Tari Klana Topeng adalah mengetahui asal Tari Klana Topeng, unsur-unsur tari saman, dan busana serta properti tari Klana Topeng

Tuliskan hasil perbandingan informasi yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi dan informasi yang kamu dapat setelah membaca teks nonfiksi. Selanjutnya, presentasikan secara lisan di depan kelas. Lakukan secara bergantian dengan temanmu.


Ayo Mengamati

Apakah kamu pernah memperagakan karya tari bentuk tunggal? Karya tari apa yang pernah kamu peragakan? Amatilah gerak tari kreasi bentuk tunggal berikut.

1. Melangkah maju, kepala menengok mengikuti langkah kaki.

 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 65, 66, 68, 69
Lakukan gerakan 8 x 2 hitungan

2. Mengangkat kaki kanan diangkat, lalu ditapakkan.

Kemudian, kaki kanan ditapakkan ke samping, lalu jinjit di belakang kaki kiri. Perhatikan sikap tangan pada gambar berikut.

 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 65, 66, 68, 69

 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 65, 66, 68, 69

Lakukan gerakan 4 x 8 hitungan.

Sumber: Buku Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 5SD/MI, Intan Pariwara, Klaten

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 68

Ayo Berlatih

Berlatihlah memperagakan gerak-gerak tari kreasi bentuk tunggal di atas.

Sebelum bergerak siapkan properti tari berupa tongkat. Setelah melakukan latihan memperagakan gerak tari tersebut,

Ungkapkan pendapatmu mengenai gerakan. Apakah gerak tari di atas sulit diperagakan? Tuliskan dalam kolom berikut.

Jawaban halaman 68 siswa diminta memperagakan gerak tari kreasi berbentuk tunggal. Dan kemungkinan pendapat dari setiap siswa mengenai tari tersebut mungkin berbeda.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 69

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok terdiri atas 5 anak. Lakukan pengamatan terhadap sebuah tarian kreasi daerah bersama teman satu kelompokmu. Cermati tahapan penampilan karya tari kreasi daerah tersebut. Tuliskan unsur-unsur tari dari tarian yang kamu amati.

 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 65, 66, 68, 69

Jawaban halaman 69 siswa diminta untuk mengamati satu tarian dari suatu daerah. Jawaban menyesuaikan dari kelompok masing-masing, kemungkinan jawaban akan berbeda dengan kelompok lain.




Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 72, 73, 75

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 65, 66, 68, 69 Semester II yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari .
LihatTutupKomentar